Stroke

Posted by Diposting oleh Lago On 03.42

Anak muda dan pelajar di wilayah Yogyakarta rawan terserang stroke. Hal ini sehubungan dengan pola makan dan gaya hidup mereka yang cenderung kurang sehat. Penderita penyakit stroke di Yogyakarta mengalami kecenderungan meningkat setiap tahunnya. saat ini potensi penyakit stroke mencapai 12 persen untuk lansia. Pada 2008, Rumah Sakit Dr Sardjito merawat sedikitnya 724 kasus penyakit stroke. Jumlah ini meningkat tajam sejak 2004 lalu yang hanya 300 penderita pertahunnya.

Stroke merupakan penyakit yang akibat terhentinya aliran darah ke otak sebagian/keseluluhan ataupun disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah otak. Faktor yang menyebabkan penyakit stroke antara lain penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, pengerasan pembuluh darah (Aterosklerosis), migraine, riwayat stroke dalam keluarga, diabetes, dan gangguan pada jantung.

Pemicu stroke pada dasarnya adalah, suasana hati yang tidak nyaman (marah-marah), terlalu banyak minum alkohol, merokok (pasif maupun pasif), senang mengkonsumsi makanan yang berlemak dan tidak sehat (junk food, fast food), Kontrasepsi oral, narkoba, dan obesitas.

Stroke tak lagi hanya menyerang kelompok lansia, namum kini cenderung menyerang generasi muda yang masih produktif. Stroke juga tak lagi menjadi milik warga kota yang berkecukupan , namun juga dialami oleh warga pedesaan yang hidup dengan serba keterbatasan.

Karena Ancaman stroke hingga merenggut nyawa dan derita akibat stroke. Hidup bebas tanpa stroke merupakan dambaan bagi semua orang. Tak heran semua orang selalu berupaya untuk mencegah Stroke atau mengurangi faktor risiko dengan menerapkan pola hidup sehat, olahraga teratur, penghindari stress hingga meminum obat atau suplemen untuk menjaga kesehatan pembuluh darah hingga dapat mencegah terjadinya Stroke.


0 komentar

Posting Komentar